29 September 2009

SUBAIM


                          King Of Watowato Mountain at subaim Halmahera Timur


TERSEBUTLAH sebuah nama di bagian utara kabupaten Halmahera Timur, Subaim. Nama tempat sekaligus ibu kota Kecamatan Wasile ini tergolong daerah istimewa di kawasan ini. Membawahi sedikitnya delapan satuan permukiman penduduk, daerah ini menjadi sentra beras di kabupaten, bahkan mencakup Halmahera Tengah, kabupaten induknya dahulu. Untuk sampai  sampai ke subaim dapat melalui jalur darat yang ditempuh sekitar 3 - 4 jam (sesuai dengan faktor cuaca dan kendaraan….hehe). 
 Subaim dikenal dengan sebagai lumbung padi bagi daerah sekitarnya. Bukan cuman padi tapi tanamanlain seperti ubi jalar, tomat, cabe / rica, jagung,  sawi, kelapa dan rempah-rempah lainnya tumbuh subur di daerah yang sebagian besar penduduknya adalah petani dan nelayan. kondisi alam tidak menentu cuacanya membuat para pendatang harus jeli memilih rute yang akan mereka lalui... bila hujan sudah di pastikan kita akan menyeberangi sungai dengan arus yang deras..


 













Atau yang ingin menyaksikan pulau-pulau kecil  dapat melalui jalur laut. ini adalah jalur yang paling santai dan nyaman yang saya rasa. Listrik tak kalah langka dibandingkan dengan air bersih. Hanya sebagian Kecamatan Maba dan Wasile yang bisa menikmati fasilitas ini. Itu pun 12 jam per hari mulai pukul enam sore hingga enam pagi. 
Jadi maklum aja bila Online nya baru stabil kalau malam hari itupun  kalau tidak diselingi dengan pemadaman listrik dengan alasan kehabisan solar, atau ada gangguan lainnya. 

....perkenalan awal dari subaim.. 
 

1 comment:

  1. pingin merasakan kembali sensasi-sensasi ini

    ReplyDelete